1. Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam
Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali,
yang terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator islam) karena
jasanya yang besar di dalam menjaga islamdari pengaruh ajaran
bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di
Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu
merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Beliau
dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang
pengrajin wol sekaligus sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama,
mempunyai semangat keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya
kepada ‘ulama dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat kepada umat.
Itulah
sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali) dan
saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman ayahnya,
seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun
dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa
rendah atau malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan, dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan seorang sufi. Dan diperkirakan imam
Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai
seorang sufi sampai usia 15
tahun (450-456)
2. Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan
imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada
ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di
lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau
belajar pada teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi
kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh
selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain
:
a.
Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl
Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b.
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al
Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c.
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada
dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d.
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim,
beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu
pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli (ushul al din)
ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf
Santunan
kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh pada imam
Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab,
khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik, membaca hikmah, dan falsafah,
imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang luas.
Setelah
imam kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di
Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al-
khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah,
syifaal alil fi bayani masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara
tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain
dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan.
Setelah imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat kelahirannya,
beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawufkekpada Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan dengan
al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu
Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali menjadi pembahas paling pintar di
zamanya. Imam Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun
kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani wafat, beliau
memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri
sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al nidzhamiyah. Di
Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn
Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).
Setelah
gurunya wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar
untuk berjumpa dengan Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan
untuk berdebat dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini,
namanya semakin populer dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484
H/1091 M, imam al Ghazali diangkat menjadi guru besar di
madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam bukunya al mungkiz min dahalal.
Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam al Ghozali mendalami filsafat
secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan
Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti al
maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada
tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis)
terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau menderita
penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al
Ghazali tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di
madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju kota
Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al Ghazali di kota
Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau pihdah
ke Bait al MaqdisPalestina untuk melakukan ibadah serupa. Sektelah itu
tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan menziarohi maqom Rosulullah
Saw.
Sepulang
dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di
Thus, disinilah beliau tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai
berlangsung selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya yang
terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan
kembali ilmu agama).
Karena
disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi berselang
selam dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para fuqoha dan
jawiyah atau khanaqoh untuk para mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau
wafat pada tahun 505 H / 1 desember 1111 M.
Abul Fajar al-Jauzi
dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad saudaranya imam al
Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan melakukan
sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku kemudian ia
mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya, beliau berkata ”
Aku mendengar dan taat untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya dan
menghadap kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar
hujjatul islam itu meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota
kelahirannya (Thus) pada hari senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M).
Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al Tabiran, ibu kota Thus.
B. Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam
al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya
guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1.
Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi,
beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
3.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari,
beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid annabi.
4.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau
mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan
demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam
bidang tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai
guru-guru dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang
hadist.
C. Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam
Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah
nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1.
Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al
Jurjani (w.513 H).
2.
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin
Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau
belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya
beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi
Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali.
Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.4. Abu
Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H).
Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
4.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad
Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada
imam Ghozali di Baghdad.
5.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al
Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara
karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
6.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin
Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar
karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.
7.
Dengan demikian imam al ghozali memiliki
banyak murid. Diantara murid–murid beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan
diantara murid- murid beliau menjadi ulama besar dan pandai mengarang kitab.
D. Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam
Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al
Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1.
Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf),
sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2.
2. Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran
para filusifi) buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di
landa keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para
filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
3.
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali
ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa tahun
,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang
berisi panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
4.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali
sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan
mencapai tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
5.
7. Miskyat al anwar (lampu yang
bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak
dan tasawuf.8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri
terhadap tuhan).
6.
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam
aqidah).
7.
10. Ayyuha al walad.
8.
11. Al musytasyfa
9.
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
10.
13. Mizan al amal.
11.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar
(akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
12.
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
13.
16. Al washit (yang pertengahan) .
14.
17. Al wajiz (yang ringkas).
15.
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah
(jalan menuju syariat yang mulia)
16.
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk
(barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
17.
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan
yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
18.
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al
mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar
serta cara-cara penglihatan).
19.
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak
di dalam islam)
20.
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu
ushul fiqiha).
21.
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan
dalam beri’tiqod).
22.
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam
menafsirkan al qur’an).
KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun
kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya dan
tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al-Juwami wafat, beliau
memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk, perdana mentri sulatan
Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah al- nidzamiyah. Di Nashabur
ini imam al Ghazali sempat belajartasawuf kepada Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn
Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M)
Setelah
gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk
berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk
berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini,
namanya semakin populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484
H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah,
ini dijelaskan dalam bukunya al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di
madrasah dengan tekunnya imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak,
terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al
Falasifah.
Pada
tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis) trhadap
ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaannya
dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau menderita penyakit selam
adua bulan
Aqidah dan Madzhab Beliau
Dalam
masalah fikih, beliau seorang yang bermazhab Syafi’i. Nampak dari
karyanya Al Wasith, Al Basithdan Al Wajiz. Bahkan kitab beliau Al Wajiz termasuk buku induk dalam
mazhab Syafi’i. Mendapat perhatian khusus dari para ulama Syafi’iyah. Imam Adz Dzahabi menjelaskan mazhab fikih
beliau dengan pernyataannya, “Syaikh Imam, Hujjatul Islam, A’jubatuz
zaman, Zainuddin Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Ath
Thusi Asy Syafi’i.”
Sedangkan
dalam sisi akidah, beliau sudah terkenal dan masyhur sebagai seorang yang
bermazhab Asy’ariyah. Banyak membela Asy’ariyah dalam membantah Bathiniyah,
para filosof serta kelompok yang menyelisihi mazhabnya. Bahkan termasuk salah
satu pilar dalam mazhab tersebut. Oleh karena itu beliau menamakan kitab aqidahnya yang terkenal dengan judul Al Iqtishad
Fil I’tiqad. Tetapi karya beliau dalam aqidah dan cara pengambilan
dalilnya, hanyalah merupakan ringkasan dari karya tokoh ulama Asy’ariyah sebelum beliau (pendahulunya). Tidak memberikan
sesuatu yang baru dalam mazhab Asy’ariyah. Beliau hanya memaparkan dalam bentuk
baru dan cara yang cukup mudah. Keterkenalan Imam Ghazali sebagai tokoh Asy’ariyah juga dibarengi
dengan kesufiannya. Beliau menjadi patokan marhalah yang sangat penting
menyatunya Sufiyah ke dalam Asy’ariyah.
Akan
tetapi tasawuf apakah yang diyakini beliau? Memang agak
sulit menentukan tasawuf beliau. Karena seringnya beliau
membantah sesuatu, kemudian beliau jadikan sebagai aqidahnya. Beliau
mengingkari filsafat dalam kitab Tahafut, tetapi beliau sendiri menekuni
filsafat dan menyetujuinya.
Ketika
berbicara dengan Asy’ariyah tampaklah sebagai seorang Asy’ari tulen. Ketika
berbicara tasawuf, dia menjadi sufi. Menunjukkan seringnya beliau
berpindah-pindah dan tidak tetap dengan satu mazhab. Oleh karena itu Ibnu Rusyd
mencelanya dengan mengatakan, “Beliau tidak berpegang teguh dengan satu
mazhab saja dalam buku-bukunya. Akan tetapi beliau menjadi Asy’ari bersama
Asy’ariyah, sufi bersama sufiyah dan filosof bersama filsafat.” (Lihat
Mukadimah kitab Bughyatul Murtad hal. 110).
Adapun
orang yang menelaah kitab dan karya beliau seperti Misykatul
Anwar, Al Ma’arif Aqliyah, Mizanul Amal, Ma’arijul Quds, Raudhatuthalibin, Al
Maqshad Al Asna, Jawahirul Qur’an dan Al Madmun Bihi Ala
Ghairi Ahlihi, akan mengetahui bahwa tasawuf beliau berbeda dengan tasawuf orang sebelumnya. Syaikh Dr. Abdurrahman
bin Shalih Ali Mahmud menjelaskan tasawuf Al Ghazali dengan menyatakan, bahwa
kunci mengenal kepribadian Al Ghazali ada dua perkara:
Pertama,
pendapat beliau, bahwa setiap orang memiliki tiga aqidah. Yang pertama,
ditampakkan di hadapan orang awam dan yang difanatikinya. Kedua, beredar dalam
ta’lim dan ceramah. Ketiga, sesuatu yang dii’tiqadi seseorang dalam dirinya.
Tidak ada yang mengetahui kecuali teman yang setara pengetahuannya. Bila
demikian, Al Ghazali menyembunyikan sisi khusus dan rahasia dalam aqidahnya.
Kedua,
mengumpulkan pendapat dan uraian singkat beliau yang selalu mengisyaratkan
kerahasian akidahnya. Kemudian membandingkannya dengan pendapat para filosof
saat beliau belum cenderung kepada filsafat Isyraqi dan tasawuf, seperti Ibnu Sina dan yang lainnya. (Mauqif
Ibnu Taimiyah Minal Asyariyah 2/628).
Beliau
(Syeikh Dr. Abdurrahman bin Shalih Ali Mahmud) menyimpulkan hasil penelitian
dan pendapat para peneliti pemikiran Al Ghazali, bahwa tasawuf Al Ghazali dilandasi filsafat Isyraqi
(Madzhab Isyraqi dalam filsafat ialah mazhab yang menyatukan pemikiran dan
ajaran dalam agama-agama kuno, Yunani dan Parsi. Termasuk bagian dari filsafat
Yunani dan Neo-Platoisme. Lihat Al Mausu’ah Al Muyassarah Fi Al Adyan
Wal Madzahibi Wal Ahzab Al Mu’ashirah, karya Dr. Mani’ bin Hamad Al Juhani
2/928-929). Sebenarnya inilah yang dikembangkan beliau akibat pengaruh
karya-karya Ibnu Sina dan Ikhwanush Shafa. Demikian juga dijelaskan
pentahqiq kitab Bughyatul Murtad dalam
mukadimahnya. Setelah menyimpulkan bantahan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
terhadap beliau dengan mengatakan, “Bantahan Ibnu Taimiyah terhadap Al
Ghazali didasarkan kejelasannya mengikuti filsafat dan terpengaruh dengan sekte
Bathiniyah dalam menta’wil nash-nash, walaupun beliau membantah habis-habisan
mereka, seperti dalam kitab Al Mustadzhiri. Ketika tujuan kitab ini (Bughyatul Murtad, pen) adalah untuk
membantah orang yang berusaha menyatukan agama dan filsafat, maka Syaikhul
Islam menjelaskan bentuk usaha tersebut pada Al Ghazali. Yang berusaha
menafsirkan nash-nash dengan tafsir filsafat Isyraqi yang didasarkan atas
ta’wil batin terhadap nash, sesuai dengan pokok-pokok ajaran ahli Isyraq (pengikut filsafat
neo-platonisme).” (Lihat
Mukadimah kitab Bughyatul Murtad hal. 111).
Tetapi
perlu diketahui, bahwa pada akhir hayatnya, beliau kembali kepada ajaran
Ahlusunnah Wal Jama’ah meninggalkan filsafat dan ilmu kalam, dengan
menekuni Shahih Bukhari dan Muslim. Syaikhul Islam
Ibnu Taimiyah berkata, “Penulis Jawahirul Qur’an (Al Ghazali, pen)
karena banyak meneliti perkataan para filosof dan merujuk kepada mereka,
sehingga banyak mencampur pendapatnya dengan perkataan mereka. Pun beliau
menolak banyak hal yang bersesuaian dengan mereka. Beliau memastikan, bahwa
perkataan filosof tidak memberikan ilmu dan keyakinan. Demikian juga halnya
perkataan ahli kalam. Pada akhirnya beliau menyibukkan diri meneliti Shahih
Bukhari dan Muslim hingga wafatnya dalam keadaan demikian. Wallahu a’lam.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar sahabat sangat membantu untuk perkembangan di blogs kami
berikanlah komentar yang membangun