Biografi
Rabi’ah al-Adawiyah
Rabiah
binti Ismail al-Adawiyah tergolong wanita sufi yang terkenal dalam
sejarah Islam. Dia dilahirkan sekitar awal kurun kedua Hijrah berhampiran
kota Basrah di Iraq. Dia lahir dalam sebuah keluarga yang miskin dari segi
kebendaan namun kaya dengan peribadatan kepada Allah. Ayahnya pula hanya
bekerja mengangkut penumpang menyeberangi Sungai Dijlah dengan
menggunakan sampan.
Pada
akhir kurun pertama Hijrah, keadaan hidup masyarakat Islam dalam
pemerintahan Bani Umaiyah yang sebelumnya terkenal dengan ketaqwaan telah mulai
berubah. Pergaulan semakin bebas dan orang ramai berlumba-lumba mencari
kekayaan. Justeru itu kejahatan dan maksiat tersebar luas. Pekerjaan menyanyi,
menari dan berhibur semakin diagung-agungkan. Maka
ketajaman iman mulai tumpul dan zaman hidup wara serta zuhud hampir
lenyap sama sekali.
Namun
begitu, Allah telah memelihara sebilangan kaum Muslimin agar tidak terjerumus
ke dalam fitnah tersebut. Pada masa itulah muncul satu gerakan baru
yang dinamakan Tasawuf Islami yang dipimpin oleh Hasan al-Basri. Pengikutnya
terdiri daripada lelaki dan wanita. Mereka menghabiskan masa dan
tenaga untuk mendidik jiwa dan rohani mengatasi segala tuntutan hawa nafu demi
mendekatkan diri kepada Allah sebagai hamba yang benar-benar taat.
Bapa
Rabiah merupakan hamba yang sangat bertaqwa, tersingkir daripada kemewahan
dunia dan tidak pernah letih bersyukur kepada Allah. Dia mendidik anak
perempuannya menjadi muslimah yang berjiwa bersih. Pendidikan yang diberikannya
bersumberkan al-Quran semata-mata. Natijahnya Rabiah sendiri begitu gemar membaca dan menghayati
isi al-Quran sehigga berjaya menghafal kandungan al-Quran. Sejak kecil lagi
Rabiah sememangnya berjiwa halus, mempunyai keyakinan yang tinggi serta keimananyang mendalam.
Menjelang
kedewasaannya, kehidupannya menjadi serba sempit. Keadaan itu semakin
buruk setelah beliau ditinggalkan ayah dan ibunya. Rabiah juga tidak terkecuali
daripada ujian yang bertujuan membuktikan keteguhan iman. Ada riwayat yang
mengatakan beliau telah terjebak dalam kancahmaksiat. Namun dengan limpah
hidayah Allah, dengan asas keimanan yang belum padam
di hatinya, dia dipermudahkan oleh Allah untuk kembali bertaubat. Babak-babak
taubat inilah yang mungkin dapat menyedar serta mendorong hati kita
merasai cara yang sepatutnya seorang hamba bergantung harap kepada
belas ihsan Tuhannya.
Marilah
kita teliti ucapan Rabiah sewaktu kesunyian di ketenangan malam ketika
bermunajat kepada Allah:
Ya Allah, ya Tuhanku. Aku berlindung diri kepada Engkau daripada segala yang ada yang boleh memesongkan diri daripada-Mu, daripada segala pendinding yang boleh mendinding antara aku dengan Engkau!
Tuhanku! Bintang-bintang telah menjelma indah, mata telah tidur nyenyak, semua pemilik telah menutup pintunya dan inilah dudukku di hadapan-Mu.
Ya Allah, ya Tuhanku. Aku berlindung diri kepada Engkau daripada segala yang ada yang boleh memesongkan diri daripada-Mu, daripada segala pendinding yang boleh mendinding antara aku dengan Engkau!
Tuhanku! Bintang-bintang telah menjelma indah, mata telah tidur nyenyak, semua pemilik telah menutup pintunya dan inilah dudukku di hadapan-Mu.
Tuhanku! Tiada kudengar suara binatang yang mengaum, tiada
desiran pohon yang bergeser, tiada desiran air yang mengalir, tiada siulan
burung yang menyanyi, tiada nikmatnya teduhan yang melindungi, tiada tiupan
angin yang nyaman, tiada dentuman guruh yang menakutkan melainkan aku dapati
semua itu menjadi bukti keEsaan-Mu dan menunjukkan tiada sesuatu yang
menyamai-Mu.
Sekelian manusia telah tidur dan semua orang telah lalai dengan asyik maksyuknya. Yang tinggal hanya Rabiah yang banyak kesalahan di hadapan-Mu. Maka moga-moga Engkau berikan suatu pandangan kepadanya yang akan menahannya daripada tidur supaya dia dapat berkhidmat kepada-Mu.
Sekelian manusia telah tidur dan semua orang telah lalai dengan asyik maksyuknya. Yang tinggal hanya Rabiah yang banyak kesalahan di hadapan-Mu. Maka moga-moga Engkau berikan suatu pandangan kepadanya yang akan menahannya daripada tidur supaya dia dapat berkhidmat kepada-Mu.
Rabiah
juga pernah meraung memohon belas ihsan Allah SWT:
Tuhanku! Engkau akan mendekatkan orang yang dekat di dalam kesunyian kepada keagungan-Mu. Semua ikan di laut bertasbih di dalam lautan yang mendalam dan kerana kebesaran kesucian-Mu, ombak di laut bertepukan. Engkaulah Tuhan yang sujud kepada-Nya malam yang gelap, siang yang terang, falak yang bulat, bulan yang menerangi, bintang yang berkerdipan dan setiap sesuatu di sisi-Mu dengan takdir sebab Engkaulah Tuhan Yang Maha Tinggi lagi Maha Perkasa.
Setiap malam begitulah keadaan Rabiah. Apabila fajar menyingsing, Rabiah terus juga bermunajat dengan ungkapan seperti:
Wahai Tuhanku! Malam yang akan pergi dan siang pula akan mengganti. Wahai malangnya diri! Apakah Engkau akan menerima malamku ini supaya aku berasa bahagia ataupun Engkau akan menolaknya maka aku diberikan takziah? Demi kemuliaan-Mu, jadikanlah caraku ini kekal selama Engkau menghidupkan aku dan bantulah aku di atasnya. Demi kemuliaan-Mu, jika Engkau menghalauku daripada pintu-Mu itu, nescaya aku akan tetap tidak bergerak juga dari situ disebabkan hatiku sangat cinta kepada-Mu.
Tuhanku! Engkau akan mendekatkan orang yang dekat di dalam kesunyian kepada keagungan-Mu. Semua ikan di laut bertasbih di dalam lautan yang mendalam dan kerana kebesaran kesucian-Mu, ombak di laut bertepukan. Engkaulah Tuhan yang sujud kepada-Nya malam yang gelap, siang yang terang, falak yang bulat, bulan yang menerangi, bintang yang berkerdipan dan setiap sesuatu di sisi-Mu dengan takdir sebab Engkaulah Tuhan Yang Maha Tinggi lagi Maha Perkasa.
Setiap malam begitulah keadaan Rabiah. Apabila fajar menyingsing, Rabiah terus juga bermunajat dengan ungkapan seperti:
Wahai Tuhanku! Malam yang akan pergi dan siang pula akan mengganti. Wahai malangnya diri! Apakah Engkau akan menerima malamku ini supaya aku berasa bahagia ataupun Engkau akan menolaknya maka aku diberikan takziah? Demi kemuliaan-Mu, jadikanlah caraku ini kekal selama Engkau menghidupkan aku dan bantulah aku di atasnya. Demi kemuliaan-Mu, jika Engkau menghalauku daripada pintu-Mu itu, nescaya aku akan tetap tidak bergerak juga dari situ disebabkan hatiku sangat cinta kepada-Mu.
Seperkara
menarik tentang diri Rabiah ialah dia menolak lamaran untuk berkahwin dengan
alasan:
Perkahwinan itu memang perlu bagi sesiapa yang mempunyai pilihan. Adapun aku tiada mempunyai pilihan untuk diriku. Aku adalah milik Tuhanku dan di bawah perintah-Nya. Aku tidak mempunyai apa-apa pun.
Perkahwinan itu memang perlu bagi sesiapa yang mempunyai pilihan. Adapun aku tiada mempunyai pilihan untuk diriku. Aku adalah milik Tuhanku dan di bawah perintah-Nya. Aku tidak mempunyai apa-apa pun.
Rabiah
seolah-olah tidak mengenali yang lain daripada Allah. Oleh itu dia
terus-menerus mencintai Allah semata-mata. Dia tidak mempunyai tujuan lain
kecuali untuk mencapai keredhaan Allah. Rabiah telah mempertalikan akalnya,
pemikirannya dan perasaannya hanya kepada akhirat semata-mata. Dia sentiasa
meletakkan kain kapannya di hadapannya dan sentiasa membelek-beleknya setiap
hari.
Selama
30 tahun dia terus-menerus mengulangi kata-kata ini dalam sembahyangnya:
Ya Tuhanku! Tenggelamkanlah aku di dalam kecintaan-Mu supaya
tiada suatupun yang dapat memalingkan aku daripada-Mu.
Antara
syairnya yang masyhur berbunyi:
Kekasihku tiada menyamai kekasih lain biar bagaimanapun,
Tiada selain Dia di dalam hatiku mempunyai tempat manapun,
Kekasihku ghaib daripada penglihatanku dan peribadiku
sekalipun,
Akan tetapi Dia tidak pernah ghaib di dalam hatiku walau sedetik
pun.
Rabiah
telah membentuk satu cara yang luar biasa di dalam mencintai Allah.
Dia menjadikan kecintaan pada Ilahi itu sebagai satu cara untuk
membersihkan hati dan jiwa. Dia memulakan fahaman sufinya dengan
menanamkan rasa takut kepada kemurkaan Allah seperti yang pernah
diluahkannya:
Wahai Tuhanku! Apakah Engkau akan membakar dengan api hati yang
mencintai-Mu dan lisan yang menyebut-Mu dan hamba yang takut kepada-Mu?
Kecintaan
Rabiah kepada Allah berjaya melewati pengharapan untuk beroleh syurga Allah
semata-mata:
Jika aku menyembah-Mu kerana takut daripada api neraka-Mu maka bakarlah aku di dalamnya! Dan jika aku menyembah-Mu kerana tamak kepada syurga-Mu maka haramkanlah aku daripadanya! Tetapi jika aku menyembah-Mu kerana kecintaanku kepada-Mu, maka berikanlah aku balasan yang besar, berilah aku melihat wajah-Mu yang Maha Besar dan Maha Mulia itu.
Jika aku menyembah-Mu kerana takut daripada api neraka-Mu maka bakarlah aku di dalamnya! Dan jika aku menyembah-Mu kerana tamak kepada syurga-Mu maka haramkanlah aku daripadanya! Tetapi jika aku menyembah-Mu kerana kecintaanku kepada-Mu, maka berikanlah aku balasan yang besar, berilah aku melihat wajah-Mu yang Maha Besar dan Maha Mulia itu.
Begitulah
keadaan kehidupan Rabiah yang ditakdirkan Allah untuk diuji dengan keimanan serta kecintaan kepada-Nya. Rabiah
meninggal dunia pada 135 Hijrah iaitu ketika usianya menjangkau 80 tahun.
Moga-moga Allah meredhainya, amin!
Sekarang
mari kita tinjau diri sendiri pula. Adakah kita menyedari satu hakikat yang
disebut oleh Allah di dalam Surah Ali Imran, ayat 142 yang
bermaksud:
Apakah kamu mengira bahawa kamu akan masuk syurga padahal belum
nyata bagi Allah orang yang berjihad di antaramu dan belum nyata orang yang
sabar?
Bagaimana
perasaan kita apabila insan yang kita kasihi menyinggung perasaan kita? Adakah
kita terus berkecil hati dan meletakkan kesalahan kepada insan berkenaan? Tidak
terlintaskah untuk merasakan di dalam hati seumpama ini:
Ya Allah! Ampunilah aku. Sesungguhnya hanya Engkau yang Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang. Hanya kasih-Mu yang abadi dan hanya
hidup di sisi-Mu sahaja yang berkekalan. Selamatkanlah aku daripada tipu daya
yang mengasyikkan.
Sesungguhnya
apa juga lintasan hati dan luahan rasa yang tercetus daripada kita
bergantung kepadacara hati kita berhubung dengan Allah. Semakin kita
kenali keluhuran cinta kepada Allah, maka bertambah erat pergantungan hati kita
kepada Allah serta melahirkan keyakinan cinta dan kasih yang sentiasa subur.
Lanjutan
itu jiwa kita tidak mudah berasa kecewa dengan gelagat sesama insan yang
pelbagai ragam. Keadaan begini sebenarnya terlebih dahulu perlu dipupuk dengan
melihat serta merenungi alam yang terbentang luas ini sebagai
anugerah besar daripada Allah untuk maslahat kehidupan manusia.
Kemudian cubalah hitung betapa banyaknya nikmat Allah kepada kita.
Dengan
itu kita akan sedar bahawa kita sebenarnya hanya bergantung kepada
Allah. Bermula dari sini kita akan mampu membina perasaan cinta terhadap
Allah yang kemudian mesti diperkukuhkan dengan mencintai titah perintah Allah.
Mudah-mudahan nanti kita juga akan menjadi perindu cinta Allah yang kekal
abadi.
Kisah-Kisah Rabi’ah al-Adawiyyah
Pada
suatu hari seorang lelaki datang kepada Rabiah dan bertanya, “Sayaini telah
banyak melakukan dosa. Maksiat saya bertimbun melebihi gunung-gunung. Andaikata
saya bertobat, apakah Allah akan menerima tobat saya?” “Tidak,” jawab Rabi’ah
dengan suara tegas. Pada kali yang lain seorang lelaki datang pula kepadanya.
Lelaki itu berkata,“Seandainya tiap butir pasir itu adalah dosa, maka seluas
gurunlah tebaran dosa saya. Maksiat apa saja telah saya lakukan, baik yang
kecil maupun yang besar. Tetapi sekarang saya sudah menjalani tobat. Apakah
Tuhan menerima tobat saya?” “Pasti,” jawab Rabiah tak kalah tegas. Lalu ia
menjelaskan, “Kalau Tuhan tidak berkenan menerima tobat seorang hamba, apakah
mungkin hamba itu tergerak menjalani tobat? Untuk berhenti dari dosa, jangan
simpan kata “akan” atau “andaikata” sebab hal itu akan merusak ketulusan
niatmu.”
Memang
ucapan sufi perempuan itu seringkali menyakitkan telinga bagimereka yang tidak
memahami jalan pikirannya. Ia seorang mistisi yang sangat tinggi derajatnya dan
tergolong kelompok sufi periode awal. Ia memperkaya literatur Islam dengan
kisah-kisah pengalaman mistiknya dalam sajak-sajak berkualitas tinggi.
Sesungguhnya
ia lebih dikenal sebagai seorang pendiri ‘agama cinta’(mahabbah) dan ia pun
dikenang sebagai ‘ibu para Sufi besar’ (The Mother of the Grand Master). Siapa
sebenarnya ia yang kepergiannya dielu-elukan kaum ‘suci’ itu? Tiada lain ia
adalah tokoh wanita bernama Rabiah Basri atau lebih dikenal sebagai Rabiah Al
Adawiyah AlBashriyah, lahir pada tahun 713 M di Basrah (Irak), dari keluarga
yang hina dina.
Sebagai
anak keempat. Itu sebabnya ia diberi nama Rabiah. Bayi itu dilahirkan ketika
orang tuanya hidup sangat sengsara meskipun waktu itukota Bashrah bergelimang
dengan kekayaan dan kemewahan. Tidak seorangpun yang berada di samping ibunya,
apalagi menolongnya, karena ayahnya,Ismail, tengah berusaha meminta bantuan
kepada para tetangganya.
Namun,
karena saat itu sudah jauh malam, tidak seorang pun dari mereka yang terjaga.
Dengan lunglai Ismail pulang tanpa hasil, padahal ia hanya ingin meminjam lampu
atau minyak tanah untuk menerangi istrinya yang akan melahirkan. Dengan
perasaan putus asa Ismail masuk ke dalam biliknya. Tiba-tiba matanya terbelak
gembira menyaksikan apa yang terjadi di bilik itu.
Seberkas
cahaya memancar dari bayi yang baru saja dilahirkan tanpa bantuan siapa-siapa.
“Ya Allah,” seru Ismail, “anakku, Rabiah, telah datang membawa sinar yang akan
menerangi alam di sekitarnya.” Lalu Ismail menggumam, “Amin.” Tetapi berkas
cahaya yang membungkus bayi kecil itu tidak membuat keluarganya terlepas dari
belitan kemiskinan.Ismail tetap tidak punya apa-apa kecuali tiga kerat roti
untuk istrinya yang masih lemah itu. Ia lantas bersujud dalam salat tahajud
yang panjang, menyerahkan nasib dirinya dan seluruh keluarganya kepada Yang
Menciptakan Kehidupan.
Sekonyong-konyong
ia seolah berada dalam lautan mimpi manakala gumpalan cahaya yang lebih
benderang muncul di depannya, dan setelah itu Rasul hadir bagaikan masih
segar-bugar. Kepada Ismail, Rasulullah bersabda,“Jangan bersedih, orang salih.
Anakmu kelak akan dicari syafaatnya oleh orang-orang mulia. Pergilah kamu
kepada penguasa kota Bashrah, dan katakan kepadanya bahwa pada malam Jumat yang
lalu ia tidak melakukan salat sunnah seperti biasanya. Katakan, sebagai kifarat
atas kelalaiannya itu, ia harus membayar satu dinar untuk satu rakaat yang
ditinggalkannya.
Ketika
Ismail mengerjakan seperti yang diperintahkan Rasulullah dalam mimpinya, Isa
Zadan, penguasa kota Bashrah itu, terperanjat. Ia memang biasa mengerjakan
salat sunnah 100 rakaat tiap malam, sedangkan saban malam Jumat ia selalu
mengerjakan 400 rakaat. Oleh karena itu, kepada Ismail diserahkannya uang
sebanyak 400 dinar sesuai dengan jumlah rakaat yang ditinggalkannya pada malam
Jumat yang silam. Itulah sebagian dari tanda-tanda karamah Rabiah al-Adawiyah,
seorang sufi perempuan dari kota Bashrah, yang di hatinya hanya tersedia cinta
kepada Tuhan. Begitu agungnya cinta itu bertaut antara hamba dan penciptanya
sampai ia tidak punya waktu untuk membenci atau mencintai,untuk berduka atau
bersuka cita selain dengan Allah.
Ismail
dan istrinya meninggal ketika Rabiah masih kecil. Begitu pula ketiga kakak
Rabiah, meninggal ketika wabah kelaparan melanda kota Basrah. Dalam kesendirian
itu, akhirnya Rabiah jatuh ke tangan orang yang kejam, yang lalu menjualnya
sebagai budak belian dengan harga sangat murah. Majikan barunya pun tak kalah
bengisnya dibandingkan dengan majikan sebelumnya.
Setelah
bebas, Rabiah pergi ke tempat tempat sunyi untuk menjalani hidup dengan
bermeditasi, dan akhirnya sampailah ia di sebuah gubuk dekat Basrah. Di sini ia
hidup bertapa. Sebuah tikar butut, sebuah kendil dari tanah, dan sebuah batu
bata, adalah harta yang ia punyai dan teman dalam menjalani hidup kepertapaan.
Praktis
sejak saat itu, seluruh hidupnya hanya ia abdikan pada Allah SWT. Berdoa dan
berzikir adalah hiasan hidupnya. Saking sibuknya mengurus ‘akhirat’, ia lalai
dengan urusan duniawi, termasuk membangun rumah tangga. Meski banyak pinangan
datang, termasuk dari gubernur Basrah dan seorang suci mistis terkenal, Hasan
Basri, Rabiah tetap tak tertarik untuk mengakhiri masa lajangnya. Hal ini ia
jalani hingga akhir hayatnya, pada tahun 801 M.
Dalam
perjalanan kesufian Rabiah, kesendirian, kesunyian, kesakitan,hingga
penderitaan tampak lumer jadi satu; ritme heroik menuju cinta kepada Sang Ada
(The Ultimate Being). Tak heran jika ia ‘merendahkan manusia’ dan mengabdi pada
dorongan untuk meraih kesempurnaan tertinggi. Ia jelajahi ranah mistik, yang
jadi wilayah dalam dari agama, hingga mendapatkan eloknya cinta yang tidak
dialami oleh kaum Muslim formal.
Menjadi
Sufi dalam perjalanan Rabiah adalah “berlalu dari sekadar Ada menjadi benar
benar Ada”. Sufisme Rabiah merupakan pilihan dari jebakan-jebakan ciptaan yang
tak berguna. Karena demikian mendalam cintanya kepada Allah, Rabiah sampai
tidak menyisakan sejengkal pun rasa cintanya untuk manusia. Sufyan Tsauri,
seorang Sufi yang hidup semasa dengannya, sempat terheran-heran dengan sikap
Rabiah. Pasalnya,Sufyan pernah melihat bagaimana Rabiah menolak cinta seorang
pangeran yang kaya raya demi cintanya kepada Allah. Dia tidak tergoda
dengankenikmatan duniawi, apalagi harta.
Cinta
Rabiah tak dapat disebut sebagai cinta yang mengharap balasan.Justru, yang dia
tempuh adalah perjalanan mencapai ketulusan. Sesuatu yang dianggap sebagai
ladang subur bagi pemuas rasa cintanya yang luas,dan sering tak terkendali
tersebut. Lewat sebuah doa yang mirip syair,ia berujar, “Jika aku menyembah-Mu
karena takut pada api neraka maka masukkan aku di dalamnya! Dan jika aku
menyembah-Mu karena tamak kepada surga-Mu, maka haramkanlah aku daripadanya!
Tetapi jika aku menyembah-Mu karena kecintaanku kepada-Mu, maka berikanlah aku
balasan yang besar, berilah aku kesempatan untuk melihat wajah-Mu yang
MahaBesar dan Maha Mulia itu.”
Perjalanan
hidup Rabiah diwarnai dengan kekaribannya dengan situasi yang penuh
keterbatasan; tinggal bersama kedua orang tua dan saudara saudaranya, dijual
sebagai budak, menghamba pada tuannya hingga dibebaskan dari perbudakan, lalu
hidup mengembara. Periode pertama ini dikenal sebagai periode asketik Rabiah.
Fariduddin
al-Attar menceritakan dalam kitab Taz-kiratul Auliya bahwa Rabiah pandai sekali
meniup seruling. Untuk jangka waktu tertentu ia menopang hidupnya dengan
bermain musik. Namun, kemudian ia memanfaatkan kepandaiannya untuk mengiringi
para sufi yang sedang berzikir dalam upayanya untuk mendekatkan diri kepada
Tuhan. Selain itu ia mengunjungi masjid-masjid, dari pagi sampai larut malam.
Namun, lantaran ia merasa dengan cara itu Tuhan tidak makin menghampirinya,
maka ditinggalkannya semua itu.
Ia
tidak lagi meniup seruling, dan ia tidak lagi mendatangi masjid-masjid. Ia
menghabiskan waktu dengan beribadah dan berzikir.Periode yang kedua ini disebut
sebagai periode Sufi, suatu periode tatkala Rabiah telah mencapai
mahabbattullah (cinta pada Allah) sampai meninggal dan dipuji sebagai Testimony
of Belief (Bukti Keimanan).
Doris
Lessing, seorang pengamat perjalanan hidup Rabiah, memberi kesimpulan bahwa
sufisme tokoh wanita ini adalah bentuk sufisme cinta.Sejenis sufisme yang
menempatkan cinta (mahabbah) sebagai panggilan jiwanya. Sufisme yang tak
bermaksud larut dalam ekstatik (gairah yang meluap) serta tak berdimensi
pemujaan atau pemuliaan dan metode-metode tambahan yang penuh dengan sakramen.
Kendati
demikian, pengalaman Rabiah adalah pengalaman orang suci yang sulit ditiru oleh
awam. Memahami Rabiah sangat sulit. Seperti masa hidupnya, Rabiah tampaknya
jauh dari kita. Selain itu, kesempurnaan yang menyertainya tak mungkin dapat
ditandingi oleh orang-orang biasa.
Apa
yang dilakukan Rabiah dalam hidupnya sebetulnya adalah ikhtiar untuk
membiasakan diri ‘bertemu’ dengan pencipta-Nya. Di situlah ia memperoleh
kehangatan, kesyahduan, kepastian, dan kesejatian hidup. Sesuatu yang kini
sangat dirindukan oleh manusia modern. Karena itu, menjadi pemuja Tuhan adalah
obsesi Rabiah yang tidak pernah mengenal tepi dan batas. Tak heran jika dunia
yang digaulinya bebas dari perasaan benci. Seluruhnya telah diberikan untuk
sebuah cinta.
Menarik
kita simak beberapa doa Rabiah yang dipanjatkan pada waktu larut malam, di atas
atap rumahnya: “O Tuhanku, bintang-bintang bersinar gemerlapan, manusia telah
tidur nyenyak, dan raja-raja telah menutup pintunya, tiap orang yang bercinta
sedang asyik masyuk dengan kesayangannya, dan di sinilah aku sendirian bersama
Engkau.”
Jika
fajar telah merekah dan serat-serat cahaya menebari cakrawala,Rabiah pun berdoa
dengan khusyuk, “Ya, illahi. Malam telah berlalu, dan siang menjelang datang.
Aduhai, seandainya malam tidak pernah berakhir,alangkah bahagianya hatiku sebab
aku dapat selalu bermesra-mesra dengan-Mu. illahi, demi kemuliaan-Mu, walaupun
Kau tolak aku mengetuk pintu-Mu, aku akan senantiasa menanti di depan pintu
karena cintaku telah terikat dengan-Mu.”
Lantas,
jika Rabiah membuka jendela kamarnya, dan alam lepas terbentang di depan
matanya, ia pun segera berbisik, “Tuhanku. Ketika kudengar margasatwa berkicau
dan burung-burung mengepakkan sayapnya, pada hakikatnya mereka sedang memuji-Mu.
Pada waktu kudengar desauan angin dan gemericik air di pegunungan, bahkan
manakala guntur menggelegar,semuanya kulihat sedang menjadi saksi atas
keesaan-Mu.
Tentang
masa depannya ia pernah ditanya oleh Sufyan Tsauri: “Apakah engkau akan menikah
kelak?” Rabiah mengelak, “Pernikahan merupakan kewajiban bagi mereka yang
mempunyai pilihan. Padahal aku tidak mempunyai pilihan kecuali mengabdi kepada
Allah.” “Bagaimanakah jalannya sampai engkau mencapai martabat itu?” “Karena
telah kuberikan seluruh hidupku,” ujar Rabiah. “Mengapa bisa kau lakukan itu,
sedangkan kami tidak?” Dengan tulus Rabiah menjawab, “Sebab aku tidak mampu
menciptakan keserasian antara perkawinan dan cinta kepada Tuhan.”
Ada
suatu cerita ketika Rabiah al-Adawiyah makan bersama dengan keluarganya.
Sebelum menyantap hidangan makanan yang tersedia, Rabi’ah memandang ayahnya
seraya berkata, “Ayah, yang haram selamanya tak akan menjadi halal. Apalagi
karena ayah merasa berkewajiban memberi nafkah kepada kami.” Ayah dan ibunya
terperanjat mendengar kata-kata Rabi’ah.Makanan yang sudah di mulut akhirnya
tak jadi dimakan. Ia pandang Rabi’ah dengan pancaran sinar mata yang lembut,
penuh kasih. Sambil tersenyum, si ayah lalu berkata, “Rabi’ah, bagaimana
pendapatmu, jika tidak ada lagi yang bisa kita peroleh kecuali barang yang
haram?”Rabi’ah menjawab: “Biar saja kita menahan lapar di dunia, ini lebih baik
daripada kita menahannya kelak di akhirat dalam api neraka.”Ayahnya tentu saja
sangat heran mendengar jawaban Rabi’ah, karena jawaban seperti itu hanya
didengarnya di majelis-majelis yang dihadiri oleh para sufi atau orang-orang
saleh. Tidak terpikir oleh ayahnya,bahwa Rabi’ah yang masih muda itu telah
memperlihatkan kematangan pikiran dan memiliki akhlak yang tinggi (Abdul Mu’in
Qandil).
Penggalan
kisah di atas sebenarnya hanya sebagian saja dari kemuliaan akhlak Rabi’ah
al-Adawiyah, seorang sufi wanita yang nama dan ajaran-ajarannya telah memberi
inspirasi bagi para pecinta Ilahi.Rabi’ah adalah seorang sufi legendaries.
Sejarah hidupnya banyak diungkap oleh berbagai kalangan, baik di dunia sufi
maupun akademisi. Rabi’ah adalah sufi pertama yang memperkenalkan ajaran
Mahabbah (Cinta)Ilahi, sebuah jenjang (maqam) atau tingkatan yang dilalui oleh
seorang salik (penempuh jalan Ilahi). Selain Rabi’ah al-Adawiyah, sufi lain
yang memperkenalkan ajaran mahabbah adalah Maulana Jalaluddin Rumi, sufi penyair yang
lahir di Persia tahun 604 H/1207 M dan wafat tahun672 H/1273 M. Jalaluddin Rumi
banyak mengenalkan konsep Mahabbah melalui syai’ir-sya’irnya, terutama dalam
Matsnawi dan Diwan-i Syam-ITabriz.
Sepanjang
sejarahnya, konsep Cinta Ilahi (Mahabbatullah) yang diperkenalkan Rabi’ah ini
telah banyak dibahas oleh berbagai kalangan.Sebab, konsep dan ajaran Cinta
Rabi’ah memiliki makna dan hakikat yang terdalam dari sekadar Cinta itu
sendiri. Bahkan, menurut kaum sufi,Mahabbatullah tak lain adalah sebuah maqam
(stasiun, atau jenjang yang harus dilalui oleh para penempuh jalan Ilahi untuk
mencapai ridla Allah dalam beribadah) bahkan puncak dari semua maqam. Hujjatul
Islam Imam al-Ghazali misalnya mengatakan, “Setelah Mahabbatullah, tidak ada
lagi maqam, kecuali hanya merupakan buah dari padanya serta mengikuti darinya,
seperti rindu (syauq), intim (uns), dan kepuasan hati(ridla)”.
Rabi’ah
telah mencapai puncak dari maqam itu, yakni Mahabbahtullah.Untuk menjelaskan
bagaimana Cinta Rabi’ah kepada Allah, tampaknya agak sulit untuk didefinisikan
dengan kata-kata. Dengan kata lain, CintaIlahi bukanlah hal yang dapat
dielaborasi secara pasti, baik melalui kata-kata maupun simbol-simbol. Para
sufi sendiri berbeda-beda pendapatuntuk mendefinisikan Cinta Ilahi ini. Sebab,
pendefinisian Cinta Ilahilebih didasarkan kepada perbedaan pengalaman spiritual
yang dialami oleh para sufi dalam menempuh perjalanan ruhaninya kepada Sang
Khalik.Cinta Rabi’ah adalah Cinta spiritual (Cinta qudus), bukan Cinta
al-hubbal-hawa (cinta nafsu) atau Cinta yang lain. Ibnu Qayyim
al-Jauziyah(691-751 H) membagi Cinta menjadi empat bagian.
Pertama,
mencintai Allah. Dengan mencintai Allah seseorang belum tentu selamat dari azab
Allah, atau mendapatkan pahala-Nya, karena orang-orang musyrik, penyembah
salib, Yahudi, dan lain-lain juga mencintai Allah.
Kedua,
mencintai apa-apa yang dicintai Allah. Cinta inilah yang dapat menggolongkan
orang yang telah masuk Islam dan mengeluarkannya dari kekafiran. Manusia yang
paling Cintai adalah yang paling kuat dengancinta ini.
Ketiga,
Cinta untuk Allah dan kepada Allah. Cinta ini termasuk perkembangan dari
mencintai apa-apa yang dicintai Allah.
Keempat,
Cinta bersama Allah. Cinta jenis ini syirik. Setiap orang mencintai sesuatu
bersama Allah dan bukan untuk Allah, maka sesungguhnya dia telah menjadikan
sesuatu selain Allah. Inilah cinta orang-orang musyrik.
Pokok
ibadah, menurut Ibnu Qayyim, adalah Cinta kepada Allah, bahkan mengkhususkan
hanya Cinta kepada Allah semata. Jadi, hendaklah semua Cinta itu hanya kepada
Allah, tidak mencintai yang lain bersamaan mencintai-Nya. Ia mencintai sesuatu
itu hanyalah karena Allah dan berada di jalan Allah.
Cinta
sejati adalah bila mana seluruh dirimu akan kau serahkan untukmu Kekasih
(Allah), hingga tidak tersisa sama sekali untukmu (lantaran seluruhnya sudah
engkau berikan kepada Allah) dan hendaklah engkau cemburu (ghirah), bila ada
orang yang mencintai Kekasihmu melebihi Cintamu kepada-Nya. Sebuah sya’ir
mengatakan:
Aku cemburu kepada-Nya,
Karena aku Cinta kepada-Nya,
Setelah itu aku teringat akan kadar Cintaku,
Akhirnya aku dapat mengendalikan cemburuku
Oleh
karena itu, setiap Cinta yang bukan karena Allah adalah bathil.Dan setiap
amalan yang tidak dimaksudkan karena Allah adalah bathil pula. Maka dunia itu
terkutuk dan apa yang ada di dalamnya juga terkutuk, kecuali untuk Allah dan
Rasul-Nya
Rabi’ah
berarti empat, karena dia adalah anak keempat dari empat saudara. Semuanya
perempuan. Pernah suatu ketika ayahnya berdoa agar ia dikaruniai anak
laki-laki. hal ini disebabkan karena keluarga Rabi’ah bukanlah termasuk
keluarga yang serba kekurangan dan penuh penderitaan. Apalagi dengan kelahiran
seorang perempuan Rabi’ah, beban penderitaan ayahnya pun dirasakan semakin
bertambah berat, sehingga bila kelak dikaruniai anak laki-laki, diharapkan
beban penderitaan itu akan berkurang karena anak laki-laki bisa melindungi
seluruh keluarganya.Atau paling tidak bisa membantu ayahnya untuk mencari
penghidupan.
Semasa
hidupnya ayah Rabi’ah selalu hidup zuhud dan penuh kesalehan. Begitu pun
Rabi’ah, yang meskipun sejak kecil hingga dewasanya hidup serba kekurangan,
namun ia sama sekali tidak menciutkan hatinya untuk terus beribadah kepada
Allah. Sebaliknya, kepapaan keluarganya ia jadikan sebagai kunci untuk memasuki
dunia sufi, yang kemudian melegendakan namanya sebagai salah seorang martir
sufi wanita di antara deretan sejarah para sufi.
Rabi’ah
memang tidak mewarisi karya-karya sufistik, termasuksya’ir-sya’ir Cinta
Ilahinya yang kerap ia senandungkan. Namun begitu,Sya’ir-sya’ir sufistiknya
justru banyak dikutip oleh para penulis biografi Rabi’ah, antara lain J. Shibt
Ibnul Jauzi (w. 1257 M) dengankaryanya Mir’at az-Zaman (Cermin Abad Ini), Ibnu
Khallikan (w. 1282 M)dengan karyanya Wafayatul A’yan (Obituari Para Orang
Besar), Yafi’Iasy-Syafi’i (w. 1367 M) dengan karyanya Raudl ar-Riyahin fi
Hikayatash-Shalihin (Kebun Semerbak dalam Kehidupan Para Orang Saleh), dan
Fariduddin Aththar (w. 1230 M) dengan karyanya Tadzkirat al-Auliya’(Memoar Para
Wali).
Dari
sekian banyak penulis biografi Rabi’ah, Tadzkirat al-Awliya’ karya Fariduddin
Aththar tampaknya dianggap sebagai buku biografi yang paling mendekati
kehidupan Rabi’ah, terutama ketika awal-awal Rabi’ah akan lahir di tengah
keluarga yang sangat miskin itu (tapi ada yang menyebutkan bahwa keluarga
Rabi’ah sebenarnya termasuk keturunan bangsawan). Riwayat Aththar, yang dikutip
Margaret Smith dalam bukunya Rabi’a the Mystic & Her Fellow-Saints in Islam
(sebuah disertasi,terbitan Cambridge University Press, London, 192cool, antara
lain banyak mengungkap sisi-sisi kehidupan Rabi’ah sejak kecil hingga
dewasanya.
Aththar
menceritakan mengenai nasib malang yang menimpa keluarga Rabi’ah. Saat Rabi’ah
menginjak dewasa, ayah dan ibunya kemudian meninggal dunia. Jadilah kini ia
sebagai anak yatim piatu. Penderitaan Rabi’ah terus bertambah, terutama setelah
kota Basrah dilanda kelaparan hebat. Rabi’ah dan suadara-saudaranya terpaksa
harus berpencar,sehingga ia harus menanggung beban penderitaan itu sendirian.
Suatu
hari, ketika sedang berjalan-jalan di kota Basrah, ia berjumpa dengan seorang
laki-laki yang memiliki niat buruk. Laki-laki itu lalu menarik Rabi’ah dan
menjualnya sebagai seorang budak seharga enam dirham kepada seorang laki-laki.
Dalam statusnya sebagai budak, Rabi’ah benar-benar diperlakukan kurang
manusiawi. Siang malam tenaga Rabi’ah diperas tanpa mengenal istirahat. Suatu
ketika, ada seorang laki-laki asing yang datang dan melihat Rabi’ah tanpa
mengenakan cadar. Ketika laki-laki itu mendekatinya, Rabi’ah lalu meronta dan
kemudian jatuh terpeleset. Mukanya tersungkur di pasir panas dan berkata: “Ya
Allah,aku adalah seorang musafir tanpa ayah dan ibu, seorang yatim piatu dan
seorang budak. Aku telah terjatuh dan terluka, meskipun demikian aku tidak
bersedih hati oleh kejadian ini, hanya aku ingin sekali ridha-Mu.Aku ingin
sekali mengetahui apakah Engkau Ridha terhadapku atau tidak.”Setelah itu, ia
mendengar suara yang mengatakan, “Janganlah bersedih,sebab pada saat Hari
Perhitungan nanti derajatmu akan sama dengan orang-orang yang terdekat dengan
Allah di dalam surga.”
Setelah
itu, Rabi’ah kembali pulang pada tuannya dan tetap menjalankan ibadah puasa
sambil melakukan pekerjaannya sehari-hari. Konon, dalam menjalankan ibadah itu,
ia sanggup berdiri di atas kakinya hingga siang hari.
Pada
suatu malam, tuannya sempat terbangun dari tidurnya dan dari jendela kamarnya
ia melihat Rabi’ah sedang sujud beribadah. Dalam shalatnya Rabi’ah berdoa, “Ya
Allah, ya Tuhanku, Engkau-lah Yang Maha Mengetahui keinginan dalam hatiku untuk
selalu menuruti perintah-perintah-Mu. Jika persoalannya hanyalah terletak
padaku, makaaku tidak akan henti-hentinya barang satu jam pun untuk beribadah
kepada-Mu, ya Allah. Karena Engkau-lah yang telah menciptakanku.”Tatkala
Rabi’ah masih khusyuk beribadah, tuannya tampak melihat ada sebuah lentera yang
tergantung di atas kepala Rabi’ah tanpa ada sehelai tali pun yang mengikatnya.
Lentera yang menyinari seluruh rumah itu merupakan cahaya “sakinah” (diambil
dari bahasa Hebrew “Shekina”,artinya cahaya Rahmat Tuhan) dari seorang Muslimah
suci.
Melihat
peristiwa aneh yang terjadi pada budaknya itu, majikan Rabi’ah tentu saja
merasa ketakutan. Ia kemudian bangkit dan kembali ke tempat tidurnya semula.
Sejenak ia tercenung hingga fajar menyingsing. Taklama setelah itu ia memanggil
Rabi’ah dan bicara kepadanya dengan baik-baik seraya membebaskan Rabi’ah
sebagai budak. Rabi’ah pun pamitan pergi dan meneruskan pengembaraannya di
padang pasir yang tandus.
Dalam
pengembaraannya Rabi’ah berkeinginan sekali untuk pergi ke Mekkah menunaikan
ibadah haji. Akhirnya, ia berangkat juga dengan ditemani seekor keledai sebagai
pengangkut barang-barangnya. Sayangnya, belum lagi perjalanan ke Mekkah sampai,
keledai itu tiba-tiba mati di tengah jalan. Ia kemudian berjumpa dengan
serombongan kafilah dan mereka menawarkan kepada Rabi’ah untuk membawakan
barang-barang miliknya.Namun, tawaran itu ditolaknya baik-baik dengan alasan
tak ingin meminta bantuan kepada bukan selain Tuhannya. Ia hanya percaya pada
bantuan Allah dan tidak percaya pada makhluk ciptaan-Nya.
Orang-orang
itu pun memahami keinginan Rabi’ah, sehingga mereka meneruskan perjalanannya.
Rabi’ah terdiam dan kemudian menundukkan kepalanya sambil berdoa, “Ya Allah,
apalagi yang akan Engkau lakukan dengan seorang perempuan asing dan lemah ini?
Engkau-lah yang memanggilku ke rumah-Mu (Ka’bah), tetapi di tengah jalan Engkau
mengambil keledaiku dan membiarkan aku seorang diri di tengah padangpasir ini.”
Setelah
asyik bermunajat, di depan Rabi’ah tampak keledai yang semula mati itu pun
hidup kembali. Rabi’ah tentu saja gembira karena bisa meneruskan perjalannya ke
Mekkah.
Dalam
cerita yang berbeda disebutkan, saat Rabi’ah berada di tengah padang pasir, ia
berdoa, “Ya Allah, ya Tuhanku. Hatiku ini merasa bingung sekali, ke mana aku
harus pergi? Aku hanyalah debu di atas bumi ini dan rumah itu (Ka’bah) hanyalah
sebuah batu bagiku. Tampakkanlah wajah-Mu di tempat yang mulia ini.” Bgeitu ia
berdoa sehingga muncul suara Allah dan langsung masuk ke dalam hatinya tanpa
ada jarak, “Wahai Rabi’ah, ketika Musa ingin sekali melihat wajah-Ku, Aku
hancurkan Gunung Sinai dan terpecah menjadi empat puluh potong. Tetaplah
beradadi situ dengan Nama-Ku.”
Diceritakan
pula, saat Rabi’ah dalam perjalanannya ke Mekkah, tiba-tiba ditengah ia melihat
Ka’bah datang menghampiri dirinya. Rabi’ah lalu berkata, “Tuhanlah yang aku
rindukan, apakah artinya rumah ini bagiku?Aku ingin sekali bertemu dengan-Nya
yang mengatakan, ‘Barang siapa yang mendekati Aku dengan jarak sehasta, maka
Aku akan berada sedekat urat nadinya.’ Ka’bah yang aku lihat ini tidak memiliki
kekuatan apa pun terhadap diriku, kegembiraan apa yang aku dapatkan apabila
Ka’bah yang indah ini dihadapkan pada diriku?” Singkat cerita, sekembalinya
Rabi’ah dari menunaikan ibadah haji di Mekkah, ia kemudian menetap di Basrah
dan mengabdikan seluruh hidupnya untuk beribadah kepada Allah seraya melakukan perbuatan-perbuatan
mulia.
Sebagaimana
yang banyak ditulis dalam biografi Rabi’ah al-Adawiyah,wanita suci ini sama
sekali tidak memikirkan dirinya untuk menikah.Sebab, menurut Rabi’ah, jalan
tidak menikah merupakan tindakan yang tepat untuk melakukan pencarian Tuhan
tanpa harus dibebani oleh urusan-urusan keduniawian. Padahal, tidak sedikit
laki-laki yang berupaya untuk mendekati Rabi’ah dan bahkan meminangnya. Di
antaranya adalah Abdul Wahid bin Zayd, seorang sufi yang zuhud dan wara. Ia
juga seorang teolog dan termasuk salah seorang ulama terkemuka di kota Basrah.
Suatu
ketika, Abdul Wahid bin Zayd sempat mencoba meminang Rabi’ah.Tapi lamaran itu
ditolaknya dengan mengatakan, “Wahai laki-laki sensual, carilah perempuan
sensual lain yang sama dengan mereka. Apakah engkau melihat adanya satu tanda
sensual dalam diriku?”
Laki-laki
lain yang pernah mengajukan lamaran kepada Rabi’ah adalah Muhammad bin Sulaiman
al-Hasyimi, seorang Amir Abbasiyah dari Basrah(w. 172 H). Untuk berusaha
mendapatkan Rabi’ah sebagai istrinya,laki-laki itu sanggup memberikan mahar
perkawinan sebesar 100 ribu dinar dan juga memberitahukan kepada Rabi’ah bahwa
ia masih memiliki pendapatan sebanyak 10 ribu dinar tiap bulan. Tetapi dijawab
oleh Rabi’ah, ”Aku sungguh tidak merasa senang bahwa engkau akan menjadi
budakku dan semua milikmu akan engkau berikan kepadaku, atau engkau akan
menarikku dari Allah meskipun hanya untuk beberapa saat.”
Dalam
kisah lain disebutkan, ada laki-laki sahabat Rabi’ah bernama Hasan al-Bashri
yang juga berniat sama untuk menikahi Rabi’ah. Bahkan para sahabat sufi lain di
kota itu mendesak Rabi’ah untuk menikah dengan sesama sufi pula. Karena desakan
itu, Rabi’ah lalu mengatakan,“Baiklah, aku akan menikah dengan seseorang yang
paling pintar diantara kalian.” Mereka mengatakan Hasan al-Bashri lah
orangnya.”Rabi’ah kemudian mengatakan kepada Hasan al-Bashri, “Jika engkau
dapat menjawab empat pertanyaanku, aku pun akan bersedia menjadi istrimu.”Hasan
al-Bashri berkata, “Bertanyalah, dan jika Allah mengizinkanku, aku akan
menjawab pertanyaanmu.”
“Pertanyaan
pertama,” kata Rabi’ah, “Apakah yang akan dikatakan oleh Hakim dunia ini saat
kematianku nanti, akankah aku mati dalam Islam atau murtad?” Hasan menjawab,
“Hanya Allah Yang Maha Mengetahui yang dapat menjawab.”
“Pertanyaan
kedua, pada waktu aku dalam kubur nanti, di saat Malaikat Munkar dan Nakir
menanyaiku, dapatkah aku menjawabnya?” Hasan menjawab,“Hanya Allah Yang Maha
Mengetahui.”
“Pertanyaan
ketiga, pada saat manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar diHari Perhitungan (Yaumul
Hisab) semua nanti akan menerima buku catatan amal di tangan kanan dan di
tangan kiri. Bagaimana denganku, akankah aku menerima di tangan kanan atau di
tangan kiri?” Hasan kembali menjawab, “Hanya Allah Yang Maha Tahu.”
“Pertanyaan
terakhir, pada saat Hari Perhitungan nanti, sebagian manusia akan masuk surga
dan sebagian lain masuk neraka. Di kelompok manakah aku akan berada?” Hasan
lagi-lagi menjawab seperti jawaban semula bahwa hanya Allah saja Yang Maha
Mengetahui semua rahasia yang tersembunyi itu.
Selanjutnya,
Rabi’ah mengatakan kepada Hasan al-Bashri, “Aku telah mengajukan empat
pertanyaan tentang diriku, bagaiman aku harus bersuami yang kepadanya aku
menghabiskan waktuku dengannya?” Dalam penolakannyaitu pula, Rabi’ah lalu
menyenandungkan sebuah sya’ir yang cukup indah.
Damaiku, wahai saudara-saudaraku,
Dalam kesendirianku,
Dan kekasihku bila selamanya bersamaku,
Karena cintanya itu,
Tak ada duanya,
Dan cintanya itu mengujiku,
Di antara keindahan yang fana ini,
Pada saat aku merenungi Keindahan-Nya,
Dia-lah “mirabku”, Dia-lah “kiblatku”,
Jika aku mati karena cintaku,
Sebelum aku mendapatkan kepuasaanku,
Amboi, alangkah hinanya hidupku di dunia ini,
Oh, pelipur jiwa yang terbakar gairah,
Juangku bila menyatu dengan-Mu telah melipur jiwaku,
Wahai Kebahagiaanku dan Hidupku selamanya,
Engkau-lah sumber hidupku,
Dan dari-Mu jua datang kebahagiaanku,
Telah kutanggalkan semua keindahan fana ini dariku,
Harapku dapat menyatu dengan-Mu,
Karena itulah hidup kutuju.
Begitulah,
meskipun sebagai manusia, Rabi’ah tak pernah tergoda sedikitpun oleh berbagai
keindahan dunia fana. Sampai wafatnya, ia hanya lebih memilih Allah sebagai
Kekasih sejatinya semata ketimbang harus bercinta dengan sesama manusia.
Meskipun demikian, disebutkan bahwa Rabi’ah memiliki sejumlah sahabat pria, dan
sangat sedikit sekali ia bersahabat dengan kaum perempuan. Di antara
sahabat-sahabat Rabi’ah yang cukup dekat misalnya Dzun Nun al-Mishri, seorang
sufi Mesir yang memperkenalkan ajaran doktrin ma’rifat. Sufi ini meninggal pada
tahun856 M dan sempat bersahabat dengan Rabi’ah selama kurang lebih setengah
abad. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa pertemuan antara Dzun Nunal-Mishri
dengan Rabi’ah ini terjadi sejak awal-awal usianya.
Di
kalangan para sahabat sufi-nya itu, Rabi’ah banyak sekali berdiskusidan
berbincang tentang Kebenaran, baik siang maupun malam. Salah seorang sahabat
Rabi’ah, Hasan al-Bashri, misalnya menceritakan: “Akulewati malam dan siang
hari bersama-sama dengan Rabi’ah, berdiskusi tentang Jalan dan Kebenaran, dan
tak pernah terlintas dalam benak kubahwa aku adalah seorang laki-laki dan
begitu juga Rabi’ah, tak pernah ada dalam pikirannya bahwa ia seorang
perempuan, dan akhirnya aku menengok dalam diriku sendiri, baru kusadari bahwa
diriku tak memiliki apa-apa, yaitu secara spiritual aku tidak berharga,
Rabi’ah-lah yang sesungguhnya sejati.
Dalam
kisah lain, diceritakan bahwa pada suatu hari Rabi’ah melewati lorong rumah
Hasan al-Bashri. Hasan melihatnya melalui jendela dan menangis, hingga air
matanya jatuh menetes mengenai jubah Rabi’ah. Ia menengadah ke atas, dan
berpikir bahwa hari tidaklah hujan, dan ketika ia menyadari bahwa itu air mata
sahabatnya, lalu dihampirinya sahabat yang sedang menangis tersebut seraya
berkata, “Wahai guruku, air itu hanyalah air mata kesombongan diri saja dan
bukan akibat dari melihat ke dalam hatimu, di mana dalam hatimu air itu akan
membentuk sungai yang di dalamnya tidak akan engkau dapati lagi hatimu, kecuali
ia telah bersama dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.” Setelah mendengar kata-kata Rabi’ah
itu, Hasan tampak hanya bisa berdiam diri.
Di
kalangan para sahabatnya, kehidupan Rabi’ah dirasakan banyak memberimanfaat.
Hal ini dikarenakan Rabi’ah banyak sekali memperhatikan kehidupan mereka.
Perhatian Rabi’ah yang cukup besar kepada para sahabatnya itu, misalnya saja
dibuktikan dengan kisah sebagai berikut:Suatu ketika, ada seorang laki-laki
yang meminta agar Rabi’ah mendoakan untuk dirinya. Tapi permohonan itu dibalas
oleh Rabi’ah dengan rasa rendah hati, “Wahai, siapakah diriku ini? Turutlah perintah
Allah dan berdoalah kepada-Nya, sebab Dia akan menjawab semua doa bila engkau
memohonnya.”
Ke-zuhud-an Rabi’ah al-Adawiyah
Sebagaimana
diungkapkan terdahulu, Rabi’ah sejak kecil sudah memiliki karakter yang tidak
begitu banyak memperhatikan kehidupan duniawi.Hidupnya sederhana dan sangat
besar hati-hatinya terhadap makanan apapun yang masuk ke dalam perutnya. Bahkan
saking zuhudnya, Rabi’ah sering menolak setiap bantuan yang datang dari para
sahabatnya, tetapi sebaliknya Rabi’ah malah menyibukkan diri untuk melayani
Tuhannya. Selepas dirinya dari perbudakan, Rabi’ah memilih hidup menyendiri
disebuah gubuk sederhana di kota Basrah tempat kelahirannya. Ia meninggalkan
kehidupan duniawi dan hidup hanya untuk beribadah kepada Allah.
Tampaknya,
keinginan untuk hidup zuhud dari kehidupan duniawi ini benar-benar ia jalankan
secara konsisten. Pernah misalnya Al-Jahiz,seorang sufi generasi tua,
menceritakan bahwa beberapa dari sahabatnya mengatakan kepada Rabi’ah,
“Andaikan kita mengatakan kepada salah seorang keluargamu, pasti mereka akan
memberimu seorang budak, yang akan melayani kebutuhanmu di rumah ini.” Tetapi
ia menjawab, “Sungguh,aku sangat malu meminta kebutuhan duniawi kepada Pemilik
dunia ini,bagaimana aku harus meminta kepada yang bukan memiliki dunia
ini?”Tiba-tiba terdengar suara mengatakan:
“Jika
engkau menginginkan dunia ini, maka akan Aku berikan semua dan Aku berkahi,
tetapi Aku akan menyingkir dari dalam kalbumu, sebab Akutak mungkin berada di
dalam kalbu yang memiliki dunia ini. WahaiRabi’ah, Aku mempunyai Kehendak dan
begitu juga denganmu. Aku tidak mungkin menggabungkan dua kehendak itu di dalam
satu kalbu.”
Rabi’ah
kemudian mengatakan, “Ketika mendengar peringatan itu,kutanggalkan hati ini
dari dunia dan kuputuskan harapan duniawi kuselama tiga puluh tahun. Aku salat
seakan-akan ini terkahir kalinya,dan pada siang hari aku mengurung diri
menjauhi makhluk lainnya, aku takut mereka akan menarikku dari diri-Nya, maka
akau katakana, “Ya Tuhan, sibukkanlah hati ini dengan hanya menyebut-Mu, jangan
Engkau biarkan mereka menarikku dari-Mu.”
Sebagai
seorang zahid, Rabi’ah senantiasa bermunajat kepada Allah agar dihindarkan dari
ketergantungannya kepada manusia. Namun, perjalanan zuhud yang dialami Rabi’ah
tampaknya tidak mudah begitu saja dilalui.Di depan, banyak tantangan dan cobaan
yang harus ia hadapi. Kenyataan-kenyataan itu memang wajar, karena sebagai
manusia, tak mungkin dirinya hanya bergantung kepada Allah semata. Meskipun
demikian, Rabi’ah tetap berusaha untuk menghindari apapun bantuan yang datang
selain dari Allah, sehingga sekalipun ia hidup dalam kemiskinan(faqr), namun
kemiskinannya dianggap sebagai bagian dari kasih sayang Allah kepada Rabi’ah.
Dalam
satu kisah misalnya disebutkan, sahabatnya Malik bin Dinar pada suatu waktu
mendapati Rabi’ah sedang terbaring sakit di atas tikar tua dan lusuh, serta
batu bata sebagai bantal di kepalanya. Melihat pemandangan seperti itu, Malik
lalu berkata pada Rabi’ah, “Aku memiliki teman-teman yang kaya dan jika engkau
membutuhkan bantuan aku akan meminta kepada mereka.” Rabi’ah mengatakan, “Wahai
Malik, engkau salah besar. Bukankah Yang memberi mereka dan aku makan sama?”
Malik menjawab, “Ya, memang sama.” Rabi’ah mengatakan, “Apakah Allah akan lupa
kepada hamba-Nya yang miskin dikarenakan kemiskinannya dan akankah Dia ingat
kepada hamba-Nya yang kaya dikarenakan kekayaannya?” Malik menyahut, “Tidak.”
Rabi’ah lalu kembali mengatakan, “Karena Dia mengetahui keadaanku, mengapa aku
harus mengingatkan-Nya? Apa yang diinginkan-Nya, kita harus menerimanya.”
Sikap
zuhud yang ditampilkan Rabi’ah sesungguhnya tiada lain agar ia hanya lebih
mencintai Allah ketimbang makhluk-makhluknya. Karena itu,hidup dalam kefakiran
baginya bukanlah halangan untuk beribadah danlebih dekat dengan Tuhannya. Dan,
toh, Rabi’ah menganggap bahwakefakiran adalah suatu takdir, yang karenanya ia
harus terima dengan penuh keikhlasan. Kebahagiaan dan penderitaan, demikian
menurut Rabi’ah, adalah datang dari Allah. Dan dalam perjalanannya sufistiknya
itu, Rabi’ah sendiri telah melaksanakan pesan Rasulullah: “Zuhudlahengkau pada
dunia, pasti Allah akan mencintaimu. Zuhudlah pada apa yangada pada manusia,
pasti manusia akan mencintaimu.”
Cinta Ilahi Rabi’ah al-Adawiyah
Cinta
Ilahi (al-Hubb al-Ilah) dalam pandangan kaum sufi memiliki nilai tertinggi.
Bahkan kedudukan mahabbah dalam sebuah maqamat sufi tak ubahnya dengan maqam
ma’rifat, atau antara mahabbah dan ma’rifat merupakan kembar dua yang satu sama
lain tidak bisa dipisahkan. Abu Nashr as-Sarraj ath-Thusi mengatakan, cinta
para sufi dan ma’rifat itu timbul dari pandangan dan pengetahuan mereka tentang
cinta abadi dan tanpa pamrih kepada Allah. Cinta itu timbul tanpa ada maksud
dan tujuan apa pun.
Apa
yang diajarkan Rabi’ah melalui mahabbah-nya, sebenarnya tak berbeda jauh dengan
yang diajarkan Hasan al-Bashri dengan konsep khauf (takut)dan raja’ (harapan).
Hanya saja, jika Hasan al-Bahsri mengabdi kepada Allah didasarkan atas
ketakutan masuk neraka dan harapan untuk masuksurga, maka mahabbah Rabi’ah
justru sebaliknya. Ia mengabdi kepada Allah bukan lantaran takut neraka maupun
mengharapkan balasan surga,namun ia mencinta Allah lebih karena Allah semata.
Sikap cinta kepadadan karena Allah semata ini misalnya tergambar dalam sya’ir
Rabi’ahsebagai berikut:
Ya Allah, jika aku menyembah-Mu,
karena takut pada neraka,
maka bakarlah aku di dalam neraka.
Dan jika aku menyembah-Mu karena mengharapkan surga,
campakkanlah aku dari dalam surga.
Tetapi jika aku menyembah-Mu, demi Engkau,
janganlah Engkau enggan memperlihatkan keindahan wajah-Mu,
yang Abadi kepadaku.
Cinta
Rabi’ah kepada Allah sebegitu kuat membelenggu hatinya, sehingga hatinya pun
tak mampu untuk berpaling kepada selain Allah. Pernah suatu ketika Rabi’ah
ditanya, “Apakah Rabi’ah tidak mencintai Rasul?” Ia menjawab, “Ya, aku sangat
mencintainya, tetapi cintaku kepada Pencipta membuat aku berpaling dari
mencintai makhluknya.”
Rabi’ah
juga ditanya tentang eksistensi syetan dan apakah ia membencinya? Ia menjawab,
“Tidak, cintaku kepada Tuhan tidak meninggalkan ruang kosong sedikit pun dalam
diriku untuk rasa membenci syetan.”
Allah
adalah teman sekaligus Kekasih dirinya, sehingga ke mana saja Rabi’ah pergi,
hanya Allah saja yang ada dalam hatinya. Ia mencintai Allah dengan sesungguh
hati dan keimanan. Karena itu, ia
sering jadikan Kekasihnya itu sebagai teman bercakap dalam hidup. Dalam salah
satu sya’ir berikut jelas tergambar bagaimana Cinta Rbi’ah kepada Teman dan
Kekasihnya itu:
Kujadikan Engkau teman bercakap dalam hatiku,
Tubuh kasarku biar bercakap dengan yang duduk.
Jisimku biar bercengkerama dengan Tuhanku,
Isi hatiku hanya tetap Engkau sendiri.
Menurut
kaum sufi, proses perjalanan ruhani Rabi’ah telah sampai kepada maqam mahabbah
dan ma’rifat. Namun begitu, sebelum sampai ke tahapan maqam tersebut, Rabi’ah terlebih
dahulu melampaui tahapan-tahapan lain,antara lain tobat, sabar dan syukur.
Tahapan-tahapan ini ia lampaui seiring dengan perwujudan Cintanya kepada Tuhan.
Tapi pada tahap tertentu, Cinta Rabi’ah kepada Tuhannya seakan masih belum
terpuaskan,meski hijab penyaksian telah disibakkan. Oleh karena itu, Rabi’ah
tak henti-hentinya memohon kepada Kekasihnya itu agar ia bisa terus
mencintai-Nya dan Dia pun Cinta kepadanya. Hal ini sesuai dengan firman Allah:
“Dia mencintai mereka dan mereka mencintai-Nya” (QS. 5: 59).
Dalam
kegamangannya itu, Rabi’ah tak putus-putusnya berdoa dan bermunajat kepada
Allah. Bahkan dalam doanya itu ia berharap agar tetap mencintai Allah hingga
Allah memenuhi ruang hatinya. Doanya:
Tuhanku, malam telah berlalu dan
siang segera menampakkan diri.Aku gelisah apakah amalanku Engkau
terima,
hingga aku merasa bahagia,
Ataukah Engkau tolak hingga sehingga aku merasa bersedih,
Demi ke-Maha Kuasaan-Mu, inilah yang akan kulakukan.
Selama Engkau beri aku hayat,
sekiranya Engkau usir dari depan pintu-Mu,
aku tidak akan pergi karena cintaku pada-Mu,
telah memenuhi hatiku.
Cinta
bagi Rabi’ah telah mempesonakan dirinya hingga ia telah melupakan segalanya
selain Allah. Tapi bagi Rabi’ah, Cinta tentu saja bukan tujuan, tetapi lebih
dari itu Cinta adalah jalan keabadian untuk menuju Tuhan sehingga Dia ridla
kepada hamba yang mencintai-Nya. Dan dengan jalan Cinta itu pula Rabi’ah
berupaya agar Tuhan ridha kepadanya dan kepada amalan-amalan baiknya. Harapan
yang lebih jauh dari Cintanya kepada Tuhan tak lain agar Tuhan lebih dekat
dengan dirinya, dan kemudian Tuhan sanggup membukakan hijab kebaikan-Nya di
dunia dan jugadi akhirat kelak. Ia mengatakan, dengan jalan Cinta itu dirinya
berharap Tuhan memperlihatkan wajah yang selalu dirindukannya. Dalam sya’irnya
Rabi’ah mengatakan:
Aku mencintai-Mu dengan dua macam Cinta,
Cinta rindu dan Cinta karena Engkau layak dicinta,
Dengan Cinta rindu,
kusibukan diriku dengan mengingat-ingat-Mu selalu,
Dan bukan selain-Mu.
Sedangkan Cinta karena Engkau layak dicinta,
di sanalah Kau menyingkap hijab-Mu,
agar aku dapat memandangmu.
Namun, tak ada pujian dalam ini atau itu,
segala pujian hanya untuk-Mu dalam ini atau itu.
Abu
Thalib al-Makki dalam mengomentari sya’ir di atas mengatakan, dalam Cinta rindu
itu, Rabi’ah telah melihat Allah dan mencintai-Nya dengan merenungi esensi
kepastian, dan tidak melalui cerita orang lain. Iatelah mendapat kepastian
(jaminan) berupa rahmat dan kebaikan Allah kepadanya. Cintanya telah menyatu
melalui hubungan pribadi, dan ia telah berada dekat sekali dengan-Nya dan
terbang meninggalkan dunia ini serta menyibukkan dirinya hanya dengan-Nya,
meninggalkan duniawi kecuali hanya kepada-Nya. Sebelumnya ia masih memiliki
nafsu keduniawian, tetapi setelah menatap Allah, ia tanggalkan nafsu-nafsu
tersebut dan Dia menjadi keseluruhan di dalam hatinya dan Dia satu-satunya yang
ia cintai. Allah telah memebaskan hatinya dari keinginan duniawi, kecuali hanya
diri-Nya, dan dengan ini meskipun ia masih belum pantas memiliki Cinta itu dan
masih belum sesuai untuk dianggap menatap Allah pada akhirnya, hijab tersingkap
sudah dan ia berada di tempat yang mulia. Cintanya kepada Allah tidak
memerlukan balasan dari-Nya, meskipun ia merasa harus mencintai-Nya.
Al-Makki
melanjutkan, bagi Allah, sudah selayaknya Dia menampakkan rahmat-Nya di muka
bumi ini karena doa-doa Rabi’ah (yaitu pada saat ia melintasi Jalan itu) dan
rahmat Allah itu akan tampak juga di akhirat nanti (yaitu pada saat Tujuan
akhir itu telah dicapainya dan ia akan melihat wajah Allah tanpa ada hijab,
berhadap-hadapan). Tak ada lagi pujian yang layak bagi-Nya di sini atau di sana
nanti, sebab Allah sendiri yang telah membawanya di antara dua tingkatan itu
(dunia dan akhirat) (Abu Thalib al-Makki, Qut al-Qulub, 1310 H, dalam
MargaretSmith, 192cool.
Rabi’ah dan menjelang hari kematiannya
Dikisahkan,
Rabi’ah telah menjalani masa hidup selama kurang lebih 90tahun. Dan selama itu,
ia hanya mengabdi kepada Allah sebagai Pencipta dirinya, hingga Malaikat Izrail
menjemputnya. Tentu saja, Rabi’ah telah menjalani pula masa-masa di mana Allah
selalu berada dekat dengannya.Para ulama yang mengenal dekat dengan Rabi’ah
mengatakan, kehadiran Rabi’ah di dunia hingga kembalinya ke alam akhirat, tak
pernah terbersit sedikit pun adanya keinginan lain kecuali hanya
ta’zhim(mengagungkan) kepada Allah. Ia juga bahkan sedikit sekali meminta
kepada makhluk ciptaan-Nya.
Berbagai
kisah menjelang kematian Rabi’ah menyebutkan, di antaranya pada masa menjelang
kematian Rabi’ah, banyak sekali orang alim duduk mengelilinginya. Rabi’ah lalu
meminta kepada mereka: ‘Bangkit dan keluarlah! Berikan jalan kepada
pesuruh-pesuruh Allah Yang Maha Agung!’Maka semua orang pun bangkit dan keluar,
dan pada saat mereka menutup pintu, mereka mendengar suara Rabi’ah mengucapkan
kalimat syahadat,setelah itu terdengar sebuah suara: “Wahai jiwa yang tenang,
kembalilah kepada Tuhanmu, berpuas-puaslah dengan-Nya. Maka masuklah bersama
golongan hamba-hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (QS. 89:27-30).
Setelah
itu tidak terdengar lagi suara apa pun. Pada saat mereka kembali masuk ke kamar
Rabi’ah, tampak perempuan tua renta itu telah meninggalkan alam fana. Para
dokter yang berdiri di hadapannya lalu menyuruh agar jasad Rabi’ah segera
dimandikan, dikafani, disalatkan,dan kemudian dibaringkan di tempat yang abadi.
Kematian
Rabi’ah telah membuat semua orang yang mengenalnya hampir takpercaya, bahwa
perempuan suci itu akan segera meninggalkan alam fanadan menjumpai Tuhan yang
sangat dicintainya. Orang-orang kehilangan Rabi’ah, karena dialah perempuan
yang selama hidupnya penuh penderitaan, namun tak pernah bergantung kepada
manusia. Setiap orang sudah pasti akan mengenang Rabi’ah, sebagai sufi yang
telah berjumpa dengan Tuhannya.
Karenanya,
setelah kematian Rabi’ah, seseorang lalu pernah memimpikanya. Dia mengatakan
kepada Rabi’ah, “Ceritakanlah bagaimana keadaanmu di sana dan bagaimana engkau
dapat lolos dari Munkar dan Nakir?” Rabi’ah menjawab, “Mereka datang
menghampiriku dan bertanya,“Siapakah Tuhanmu?’ Aku katakana, “Kembalilah dan
katakan kepada Tuhanmu, ribuan dan ribuan sudah ciptaan-Mu, Engkau tentunya
tidak akan lupa pada perempuan tua lemah ini. Aku, yang hanya memiliki-Mu
didunia, tidak pernah melupakan-Mu. Sekarang, mengapa Engkau harus bertanya,
‘Siapa Tuhanmu?’”
Meskipun
hidup Rabiah seperti berlangsung linear dan konstan, seluruh energi hidupnya
dia abdikan untuk cinta, Rabiah memberi tahu kepada kita bahwa hidup memang
tidak sederhana, seperti yang dijalaninya.Hidup itu begitu rumit, kadang kadang
ada kemesraan dan kadang-kadangada kehidmatan bertahta.
Rabiah
wafat dengan meninggalkan pengalaman sufistik yang takter hingga. Hikmah yang
ditinggalkan sangat berharga dan patut kita gali sebagai ‘makrifat’ hidup. Kini
Rabi’ah telah tiada. Perempuan kekasih Ilahi itu meninggal untuk selamanya, dan
akan kembali hidup bersamaSang Kekasih di sisi-Nya. Jasad kasarnya hilang
ditelan bumi, tetapiruh sucinya terbang bersama para sufi, para wali, dan para
pecinta Ilahi. Rabi’ah meninggal dunia pada 135 Hijrah yaitu ketika usianya
menjangkau 80 tahun. Moga-moga Allah meridai, amin…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar sahabat sangat membantu untuk perkembangan di blogs kami
berikanlah komentar yang membangun